Sejarah Singkat Kebun Raya Balikpapan

kebun raya (botanical garden) merupakan tempat di mana tumbuhan tumbuh dan dipertunjukan terutama untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. kebun raya memiliki koleksi tumbuhan di alam terbuka dan didalam rumah kaca, serta fasilitas ruang belajar, laboratorium, perpustakaan, museum, dan tanaman percobaan (esiklopedia encarta).

Kebun Raya balikpapan adalah salah satu Kebun Raya baru hasil dari Kerjasama Pemerintah Kota Balikpapan – Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor – Balai Besar penelitian Dipterocarpaceae Dephut.

Kegiatan Pembangunan Kebun Raya Balikpapan di awali dengan kegiatan Pencanangan Pembangunan Kebun Raya Balikpapan oleh LIPI – Pusat Konservasi Tumbuhan – Kebun Raya Bogor di Balikpapan Tanggal 1 Desember 2005. Selanjutnya dilakukan kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan kebun Raya Balikpapan Oleh Menteri Kehutanan RI, Menteri Pekerjaan Umum RI, Kepala LIPI, Gubernur Kalimantan Timur dan Walikota Balikpapan Tanggal 3 Juni 2008. Kebun Raya Balikpapan ditetapkan berdasarkan Keputusan menteri Kehutanan RI No. 68/ Menhut-II/2009 tanggal 26 Februari 2009 tentang penetapan kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus Untuk Hutan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Latihan Dalam bentuk Kebun Raya Balikpapan di dalam Kelompok Hutan Lindung Sungai Wain seluas 309,22 Ha di Kota Balikpapan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s